Sunday, 22 April 2018

WINE APPRECIATION CLASS WITH HATTEN WINES BALI

Assalamualaikum...


Hi girls, apa kabar semua? pembahasan aku kali ini yaitu bukan tentang beauty girls, tapi seputar wine class yang diadakan minggu lalu tepatnya tanggal 13 April 2018 jam 2 siang. Aku dan teman-teman Bali Beauty Blogger di undang oleh Hatten Wines Bali untuk mengikuti wine class nya, duh siapa yang gak mau ya ikutan wine class, karena yang aku tau wine class itu mahal, jadi ketika ada kesempatan ini secara free aku gak akan melewatkannya.

Nah buat para readers disini aku harap kalian semua bijak ya dalam menilai tulisanku ini, bukan berarti aku ingin mengajak kalian nyobain wine, tapi disini aku hanyalah sharing ilmu yang aku dapat. Mungkin ada beberapa readers aku disini yang suka sama wine, dan mungkin yang sebelumnya hanya suka wine tapi tidak tau pairing food dengan wine tersebut, disini akan aku sharing semua dari ilmu yang aku dapat.

Kita mulai aja yuks...




( Waiting Lounge)

Tempatnya yang super cozy dan luas asik banget buat berlama-lama disana. Aku sih betah hehehe. Waktu aku pertama kali sampai disini, aku dan teman-teman Bali Beauty Blogger langsung disambut dengan sangat ramah oleh "Sheila Manalac" she is so kind, dia mengajak kami untuk mengelilingi office Hatten Wines untuk melihat beberapa tempat yang biasa di pakai untuk wine class dan meeting. Dan tempatnya sangat-sangat luas, kalau kebersihan jangan ditanya lagi ya, karena office nya yang besar aku bisa nyasar loh disana. 




(Wine Appreciation Room)


Nah berikut adalah ruangan yang dipakai untuk "Wine Appreciation Class". Wooo aku gak sabar untuk dapetin ilmu baru hehehe. Di sambut oleh ibu Widya selaku orang yang mengajarkan kami di kelas tersebut. 

Pada saat semua sudah berkumpul kelas pun di mulai. semua duduk  rapih, dan diatas meja telah di sediakan 6 gelas wine yang berbeda, satu di antara nya tidak ada namanya.


Dari gelas tersebut yang terlihat hanya 5, karena yang 1 lagi tepat berada dibelakang, jadi tertutup, aku akan sebutkan nama-nama wine tersebut di hitung dari sebelah kiri ya...

- Sparkling Tunjung
- Chardonnay
- Alexandria 
- Pinot Noir
- Shiraz
 Nah gelas apa yg 1 lagi? sebenarnya adalah Pinot Noir hanya yang membedakan gelasnya.

Pelajaran yang aku dapat dari wine appreciation glass yaitu ;

- Bagaimana cara kamu memegang gelas, ya sudah pasti yang aku tau di bagian tangkai gelas, dan jangan memegang body gelas karna suhu ditangan kita akan mempengaruhi wine tersebut (yang ini aku baru tau) hehehe.

- Sebelum minum wine tersebut, kita coba spinning gelas nya, khusus untuk sparkling wine kita bisa mendengar suara dari dalam gelas tersebut, lalu mencium wine tersebut, bau nya akan berbeda, walau semua wine terbuat dari anggur, tapi akan menghasilkan bau yang berbeda.

- Ada 2 cara meminumnya yaitu langsung ditelan atau dikulum terlebih dahulu. Aku lebih suka yang dikulum dahulu, dari pada yang langsung di telan, acidity level nya akan lebih terasa saat di kulum.

- Membedakan antara full body dan light body pada wine.
Full body merupakan wine yang sangat pekat, sedangkan light body masih terlihat sedikit jernih, lalu bagaimana cara membedakannya? caranya yaitu kalian bisa meletakan wine diatas jam tangan kalian, jadi kalau wine tersebut adalah full body, akan susah melihat angka-angka di jam tersebut, sebaliknya dengan light body angka di jam tangan masih dapat terlihat.

- Pairing to the food, nah ini merupakan pembahasan penting guys, kalau kalian punya wine dirumah coba teliti jenis wine apa yang cocok dengan makanan yang akan kalian masak. Aku akan kembali membahas berdasarkan wine di atas ya guys.


Dalam foto tersebut ada 3 jenis makanan dan 4 macam saus yang akan di pairing dengan wine tersebut. 3 jenis makanan tersebut adalah 'Steak, Fish and Chicken' dan untuk saus nya adalah saus buatan lokal seperti 'Saus rendang, Bumbu bali, Pinot noir saus dan butter'. Dan aku hampir lupa bahwa di piring tersebut pun ada gula dan garam yang aku coba untuk sparkling wine. 

Berikut rasa yang aku dapat setelah aku pairing dengan beberapa saus ;

- Sparkling wine + garam = acidity hilang
- Sparkling wine + gula = acidity bertambah
- Sparkling wine + butter = hambar
- Sparkling wine + bumbu bali = no
- Sparkling wine + bumbu rendang = semua rasa keluar (recommended)
- Chardonnay + butter = tannin (sepat)
- Chardonnay + bumbu rendang = so so
- Alexandria cocok untuk semua jenis saus (untuk para wine drinker pemula) 
- Pinot noir + butter = flat
- Pinot noir + bumbu bali = no
- Pinot noir = bumbu rendang = so good
- Shiraz + bumbu rendang = no
- Shiraz + pinot noir saus = yes (enak banget)

Note : dari semua jenis wine diatas shiraz is the most fuller body, jangan mem pairing shiraz dengan makanan yang spicy yah guys, dan kalian harus tau juga bahwa gelas wine yang bagus adalah yang terbuat dari campuran kristal dan ada pori-pori nya, dan yang kalian harus tau juga adalah cara mencuci gelas wine, jangan pernah mencuci gelas wine dengan detergen, sebaiknya di cuci dengan menggunakan air panas. 

berikut adalah pelajaran singkat yang aku dapat dan sangat amat bermanfaat ilmu nya. Big thanks to Hatten Wines yang sudah memberikan kesempatan untuk aku dan teman-teman Bali Beauty Blogger untuk mengikuti kelas ini. Now i know hahaha.

Dan gak lupa di akhir acara aku dan teman-teman Bali Beauty Blogger upload ke instagram masing-masing untuk memposting foto dengan memegang gelas wine, dan the best photo akan mendapatkan hadiah dari Hatten Wines.


Di akhir acara juga kita pasti foto bersama dong ya.. 


Thank you very much Hatten Wines Bali for the amazing class.

Ada beberapa informasi mengenai Hatten Wines yang kalian perlu tau guys.



Hatten Wines Wine Hub memiliki kerjasama yang luar biasa dengan program amal besar di Bali yang disebut dengan Solemen Indonesia. Solemen Indonesia merupakan sebuah Yayasan yang didirikan oleh Robert Epstone yang membantu individu yang kurang beruntung di seluruh Bali. 


( Hatten Wines Business Development Head 'Richard Colin', Solemen Founder 'Robert Epstone', Tamara Bleszynski )


Dengan ribuan restoran dan hotel di pulau-pulau tersebut, kedua organisasi tersebut  berkolaborasi dengan para stakeholders untuk menjadi bagian dari program amal Solemen. Hatten Wines berkomitmen untuk membawa komunitas budaya Bali yang kuat bersama-sama menyoroti bisnis lokal dan produsen dengan kontribusi positif mereka terhadap perekonomian Bali.

Pendiri Solemen Indonesia Robert Epstone dari Leeds Inggris, mendirikan badan amal pada tahun 2011, yang terinspirasi oleh keindahan dan kebaikan yang telah dibawa Bali ke dalam hidupnya. "hidup di Bali adalah hidup impian, memiliki kesempatan untuk meningkatkan dan menyelamatkan nyawa dan inilah yang memotivasi saya secara pribadi setiap hari"dikutip dari "Human Asia".

Solemen Indonesia terus menjangkau daerah tertinggal di Bali untuk membantu orang sakit dan cacat di berbagai komunitas Bali diluar kota. Mereka yang tidak mampu dalam finansial untuk mengobati penyakitnya akan di ambil alih dan ditanggung oleh Solemen Indonesi dengan Robert dan tim nya yang terdiri dari para sukarelawan yang luar biasa.

Hatten Wines dan Solemen Indonesia bertujuan untuk mempengaruhi komunitas amal yang lebih luas di antara pemilik bisnis di Bali untuk bergabung dengan tujuan yang paling berharga ini.

Solemen Indonesia telah menghasilkan koleksi barang-barang cantik seperti sole teddy, buku dan produk lain yang membantu mereka menghasilkan pendapatan yang sangat dibutuhkan untuk program amal mereka. Dengan kemurahan hati komunitas bisnis Bali ini adalah kesempatan untuk mengubah kehidupan dan membuat suatu perbedaan satu orang pada satu waktu.


( Sole teddy and other merchandize )


Untuk kalian yang masih penasaran sama Wine Appreciation class nya, kalian bisa langsung datang di Hatten Wines Sanur untuk mengetahui info wine class nya. 

The Cellador at 
Jalan By Pass Ngurah Rai No. 393
Sanur-Bali 80228
Telp : +62 472 1377
Email : info@hattenwines.com

Website
www.hattenwines.com
Instagram
@hattenwines



Thank you for read and visit my blog, semoga tulisan aku ini bermanfaat yah guys buat kalian semua. Jangan lupa share pengalaman kalian juga disini.




































No comments:

Post a Comment

Follow Me On Instagram @winnie_angeline